Currently Listening to THE BEST of Aqua Timez

The Best of Aqua TimezIni adalah album The Best pertama yang dirilis oleh band Aqua Timez, khusus untuk merayakan 5 tahun debut mereka. Berisi 26 lagu, dengan 25 lagu lama dan satu lagu baru berjudul Saigo Made; awalnya sempat membuat saya malas mendonlot, toh ke 25 lagu itu sudah ada di album/single sebelumnya sedangkan satu lagu baru bisa saya donlot secara terpisah saja. Tapi akhirnya saya tergoda juga untuk donlot satu album ini 😛 .

Overall, saya suka album ini karena hampir semuanya adalah lagu-lagu favorit saya. Bahkan sempat kepikiran, punya satu album ini pun sudah cukup dan album/single yang lain bisa saya hapus untuk menghemat ruang Hard Disk :P. Lagu-lagu seperti Sen no Yoru wo Koete, Ketsui no Asa ni, Itsumo Issho, Chiisa na Tenohira, yang lumayan easy listening dan liriknya pun dalem banget. Lagu-lagu bertempo cepat macam Alones, Velonica, Ayumi, STAY GOLD, Isshun no Chiri, dan Niji yang menjadi OST Gokusen 3. Shabondama Days, lagu bernada ceria dengan campuran musik pop dan reggae; tapi kalau baca translasi liriknya malah bikin perasaan jadi mellow 😛 . Untuk lagu barunya sendiri Saigo Made, lagunya bertempo cepat dan setipe dengan Velonica, tapi saya kurang terlalu suka.

Tapi diantara sekian lagu tersebut, saya paling suka lagu Aoi Sora yang diaransemen ulang untuk album ini. Lagu Aoi Sora original version yang terdapat di mini album Sora Ippaini Kanaderu Inori, IMO musiknya membuat perasaan jadi mellow dan gloomy. Aoi Sora yang artinya adalah langit biru, malahan langitnya terlihat mendung dan kelam, tidaklah biru seperti judul lagu ini. Sedangkan Aoi Sora di album the best ini, memberi gambaran langit biru tak berbatas itu *halah* 😛 . Tentu ini adalah penilaian yang sangat subjektif, kalau orang lain yang membandingkannya bisa jadi perbedaan bayangan langit itu tak akan terlalu kentara :mrgreen: . Saya agak sulit menjelaskan secara detail apa yang membuat beda, tapi rasanya aransemen baru pada bagian chorus-nya lah yang membuat lagu ini lebih berwarna biru *halah* 😆 .

Tapi kalau harus memilih best of the best, saya akan pilih lagu ini…

Sen no Yoru wo Koete


Lagu pertama Aqua Timez yang pertama kali saya dengar di Movie Bleach: Memories of Nobody, sekaligus sebagai lagu yang membuat saya suka dengan musik mereka hingga saat ini.

9 thoughts on “Currently Listening to THE BEST of Aqua Timez

  1. baik artis maupun lagu-lagunya saya nggak kenal (oops) e tapi cover albumnya lumayan menarik koq… 😛

    saya suka album ini karena hampir semuanya adalah lagu-lagu favorit saya. Bahkan sempat kepikiran, punya satu album ini pun sudah cukup

    IMO, kadang album THE BEST nggak semuanya lagunya merupakan lagu favorit… jadinya tergantung banget sama pilihan sang produser, meski dia mempertimbangkan juga aspek popularitas lagu di tangga lagu, CMIIW… semisal pas DREAM THEATER dirilis the best albumnya (berjudul DREAM THEATER GREATEST HIT pada 2008 lalu) ternyata cuman 4 dari 22 lagu yang merupakan favorit saya 😦

    btw, AQUA TIMEZ itu band mainstream juga kah? dari major label juga kah? *sudah ga pernah dengerin lagu jepun lagi… udah balik lagi ke genre brit-rock :mrgreen:*

  2. Dulu sempat punya mp3 lengkap satu album Aqua Timez dalam ipod, tp setelah didengar seluruhnya malah ku delete dan disisain satu doang. kurang cocok sama kuping atau emang hampir seluruh lagunya bertipe sama. Hampir seluruh lagu punya ritme dan gaya yang sama, dan aku paling gak suka kalau capek2 dengar lagu dalam satu album tp seluruhnya mirip. Mendingan dengar satu aja dari single sudah cukup.

    *Tokyo Jihen jadi fave krn mereka menawarkan beragam irama dalam lagu2 mereka didalam album yg sama.

    @kurotsuchi
    Kalau dibawah naungan Sony Music itu namanya major atau minor yah? 🙄
    Album the best hanya untuk penggemar dadakan yg gak mau dengerin lagu2 dalam satu album original.
    kemungkinan lainnya, untuk penggemar bokek :mrgreen:

  3. @Nick Hwa
    Masih bisa masuk kuping dan enak didengar koq :mrgreen:
    ehtapi emang bukan termasuk fans berat punk dan garage band, soalnya gak pernah niat punya album original mereka.
    contohnya:
    dalam list mp3 playerku, The Ramones cuma ada 4 lagu, Sex Pistols juga cuma 3 lagu. Yang agak baru kayak Greenday cuma 3 lagu, The White Stripe dan The Vines malah cuma ada 1 lagu. Bandingkan dengan Led Zeppelin dan Deep Purple yg masing2 aku punya 4 album penuh (bukan the best).

  4. @ Kurotsuchi:

    IMO, kadang album THE BEST nggak semuanya lagunya merupakan lagu favorit…

    Yap, tergantung pilihan produser dan penyanyinya sendiri juga biasanya lagu-lagu hits, kalau kebetulan cocok dengan favorit kita ya baguslah 😀

    Etapi di album ini, ada dua lagu favorit saya yang ga masuk tuh, yang judulnya Hitorigoto dan Aki ni Naru no ni, mungkin karena ga populer 😕 .

    btw, AQUA TIMEZ itu band mainstream juga kah? dari major label juga kah?

    Sudah dijawab oleh 安藤君 :mrgreen:

    @ 安藤君:
    Ah ya, selera setiap orang pasti berlainan. Kalau saya sendiri ada beberapa lagu yang suka banget, tapi yang lain ga begitu suka *biasa lah 😛 *.

    … emang hampir seluruh lagunya bertipe sama.

    Hmm, beberapa lagu up-beat mereka memang agak mirip-mirip sih, semacam Velonica, Alones, One… E tapi saya suka :mrgreen:

    *Tokyo Jihen jadi fave krn mereka menawarkan beragam irama dalam lagu2 mereka didalam album yg sama.

    Sepakat 😀

  5. Belum. Sempet. Download!!! Masih sibuk sama cutscene-nya Last Remnant. OST-nya yang ‘Journey’s End’ bikin nangis, apalagi lagu itu maennya di akhir game, pas banget habis satu tokoh mati, hiksz…

    Ni lagunya:

    Btw yg Aoi Sora selain diaransemen ulang juga di-nyanyi ulang ya? Futoshi nya cempreng.

  6. Oya? 😆

    Saya ga terlalu memperhatikan suaranya si Futoshi, lebih fokus ke musiknya 😛

    Btw, di Chiisa na Tenohira suaranya si Futoshi juga agak ‘lain’

    Oya, dirimu belum donlot ya *tepuk jidat*

  7. Belum sempet donlod juga, mana besok balik lg ke kampus, tp biarlah, saya udah donlod smua cs Last Remnant, bisa menikmati tampang cute-nya Aa David… T.T <(tangis gembira)

Leave a Reply

