Alay Generator

Ketika tadi menjelajah detik.com untuk mengikuti perkembangan terbaru Buaya Gate, sampailah saya di artikel ini… Geliat ‘Alay’ Makin Terasa di Dunia Maya. Iseng-iseng lah saya baca, dan akhirnya saya menuju sebuah link yang tertera di situ: AlayGenerator.

Setelah liat website-nya, saya langsung ngakak 😆 , baru tau saya ^^;;.

Entah siapa yang membuatnya, sungguh text generator yang berguna. Coba saya lebih tahu dari dulu di saat intensitas berinteraksi dengan para penutur bahasa Alay sedang tinggi-tingginya. Saat itu saya harus sampai hilang kesabaran saat membalas pesan inbox akun Travian Indonesia :lol:, atau bertutur dengan bahasa Indonesia baku tapi belum tentu baik dan benar untuk menyindir lawan bicara di Y!M yang juga penutur bahasa itu. Kan saya jadi bisa ikut ‘sok’ Alay dengan berbahasa yang sama, meskipun saya sama sekali tidak mengerti mereka ngomong apa *doh*.

Jika membuat sendiri, jujur saya ga mengerti bagaimana aturannya *ga penting juga, bisa apa nggak*. Biasanya sih sembarangan dengan mencampur-aduk huruf kapital dan huruf kecil secara selang-seling, MiSalNyA bEgiNi. Tapi kalau diperhatikan bahasa ini cukup bervariasi macamnya, ada yang huruf ‘g’ diganti dengan angka ‘9’, lalu belum lagi penyingkatan kata-kata yang sungguh membuat pesan yang saya terima itu seperti kode rahasia yang sulit dipecahkan :lol:. Pembuat text generator ini pastinya sudah menentukan aturan-aturan dalam penerjemahan ke bahasa Alay, sebab kita bisa pilih: apakah tulisannya mau begini “HuRUf bEsAr keCil”, atau “P4k3 4n9k4 D0n9”, atau yang ini “Disngkt-sngkt biar pndk”.

Lalu, karena sudah sampai di sana, iseng-iseng lah saya coba…

Pertama, saya coba mengetik kalimat sederhana di kolom “text normal”

Normal: Cape deh

Alay:

cape Deh

c4p3 d3h

cp dh

Nah, bagaimana kalau dikombinasikan?

Misalnya antara yang text besar kecil dan pakai angka…

c4p3 d3H

:mrgreen:

Sekarang coba pakai kalimat yang panjang…

Normal:

Gw paling males kalau baca pesan yang disingkat-singkat ga jelas, apalagi kalau dicampur-campur pakai huruf besar kecil, apalagi ditambah pakai angka segala

Alay:

gw PaliNG maLes kaLau baCa pesan yaNG dIsingkAt-siNGkaT ga jELAS, apAlagI KaLau DicamPuR-campur pakAi hurUF bEsar kecil, apALaGi dItambAh paKai AnGka segalA

dan

6w p4l1n6 males k4lau b4ca p35an y4n6 d151n6k4t-5in6k4t 64 j3l45, 4p4l4gi kal4u dic4mpur-c4mpur p4k41 huruf b354r k3c1l, 4p4l461 d1t4mb4h pak41 angk4 5364la

😆

dan

Gw pling mals kla bc psan yng dsingkt-sngkt g jls, aplg kl dcampr-cmpr pki hrf bsr kcl, apalg ditmbah pk angka sgla

Daaaan… bagaimana kalau ketiga options itu kita pilih 😉

6w PALn6 ml35 Kl bca p35n yn6 d51n6k4t-5n6kt 6 jl5, 4pL6 kL d1CmpR-cmpur pk Hrf B54r k3Cl, 4pL6 dt4mbh pk 4n6k 5g4l

Sungguh kode rahasia yang sulit dipecahkan *ck… ck… ck…*

Sayangnya, di situ kita hanya bisa menerjemahkan dari text normal ke text alay dan tidak sebaliknya. Padahal kayanya lebih penting berguna menerjemahkan text alay ke text normal deh :mrgreen:. Ada yang mau bikin? 😉

17 thoughts on “Alay Generator

  1. 😯
    Ketiga opsi membuat saya mulas. Literally.
    *nenggak sekantung panadol*
    *lho?*
    😆

    Eniwei, sdh baca artikel ttg alay di The Jakarta Post? Cukup mencerahkan 😀

  2. Padahal kayanya lebih penting berguna menerjemahkan text alay ke text normal deh :mrgreen: . Ada yang mau bikin?

    thanks… but, no thanks…
    sungguh, bahasa ini membuat saya pengen jambak-jambak kepala sendiri setiap kali menbaca sms yang ditulis dengan bahasa ini…
    *esmosi*

  3. @ Takodok:

    Berita yang ini?

    😀

    Mmm, kalau dipikir-pikir memang tulisan Alay sungguh mengasah ketajaman otak :P, tapi kalau sering baca tulisan begituan otak dan mata juga bisa rusak ya :roll:.

    @ Disc-Co:

    Belum lagi yang pakai tanda koma berderet 😕

    m4n4 Huj4N,,,, b3c3K,,,, ga 4D4 0j3K,,,,

    *translasi AlayGenerator ^^;; *

    @ itikkecil:

    Sabar Mbak :mrgreen:

    Malah pengen jambak-jambak kepala orang yang ngirim teks alay 😈

  4. Sesulit-sulitnya bahasa Alay, tetep masih bisa dimengerti dan dipelajari otodidak kan? Apalagi buat cewek secantik sepintar Mizzy… :mrgreen:

    Lebih serem bahasa Jepang atau Ibrani >_<

  5. @ Ketiga:
    Bener Mbak, ampuun deh 😐

    @ jensen:
    Well, ga niat mendalami bahasa alay juga sih. Ga bisa ditaruh di CV soalnya :mrgreen:

    Kok “secantik”-nya dicoret sih 😕

    *lospokus* 😆

    @ Nic Hwa | Mr.El-Adani:

    933|< d373c73D

    😯

    @ Mr.El-Adani:

    @ jensen99
    *setuju*

    Setuju sama yang ini?

    Apalagi buat cewek secantik sepintar Mizzy… :mrgreen:

    *digaplok*

  6. tapi ngomomng2 mbak mizzy pernah pake bahasa gituan ga di masa mudanya? 🙄

    jujur saya pernah make tulisan rada mirip model gitu buat username akun di blogspot dulu 😆

  7. ^

    tapi ngomomng2 mbak mizzy pernah pake bahasa gituan ga di masa mudanya? 🙄

    Jaman saya muda, belum ngetrend tulisan-tulisan macam gitu AFAIK. atau saya yang ga gaol

    Dan jaman itu hape masih barang langka, yang punya baru anak-anak tajir, itu pun hape yang bentuknya masih gede kayak ulekan :lol:. Jadi belum ada kebiasaan sms yang pake bahasa alay.

    *nostalgila jaman SMA*

    jujur saya pernah make tulisan rada mirip model gitu buat username akun di blogspot dulu 😆

    Karena stok username ga tersedia, makanya kudu pake HuRuF BesAR-KeCil desu ka? 😀

  8. wkwkwkw bener tuh temen” ku juga ada yang sperti itu gaya tulisannya males juga bacanya, kbnykan sih cewe yg bgtu model tulisannya. Aneh juga emang, gk tau tp knp dikira unik kali….

  9. saya sendiri ga suka pake bahasa kayak gitu, tapi buat saya pribadi bacanya gampang2 aja, kayak baca teks biasa, hmm…

    kalo saya sms-an dengan temen malah kadang2 pake kode beneran yang harus di decode dulu/ dibuat kuncinya baru bisa dibaca; semata-mata atas nama iseng

  10. @ bennlucky7:
    Hmmm iya sih, kayaknya yang sering pake text alay kebanyakan cewek, etapi saya pernah menemukan cowok yang pakai text ini juga meskipun ga parah-parah amat sih :mrgreen:

    @ DevilHunter:

    tapi buat saya pribadi bacanya gampang2 aja, kayak baca teks biasa, hmm…

    Really? Mungkin kalau sering baca jadi sudah familiar dengan pola textnya ya 😐

    kalo saya sms-an dengan temen malah kadang2 pake kode beneran yang harus di decode dulu/ dibuat kuncinya baru bisa dibaca; semata-mata atas nama iseng

    😯

    Lumayan buat senam otak yak 😆

Leave a Reply

