Kuro-chan’s Offspring

Masih ingat kisah cintah kucing liar yang pernah saya kisahkan dulu? Jika lupa, bisa dibaca dulu di sini.

Singkat cerita setelah kejadian si Kuro-chan mencampakkan Kuro-kun, kedua kucing itu terlihat bersama-sama lagi, sementara Shiro-kun jarang kelihatan. Sebenarnya sejak lama saya penasaran dengan anak-anak di Kuro-chan, karena dia sering terlihat bunting tapi kok anak-anaknya gak kelihatan. Tak pernah saya lihat anak-anak kucing yang berwarna hitam :-?. Begitulah, karena nampaknya dibenak saya terpatri dengan kuat pasangan Kuro-chan adalah Kuro-kun jadinya anaknya pasti hitam :P.

Lalu seminggu kemarin ketika saya pulang mudik, tepat di jalanan depan pagar rumah ada seekor kucing hitam yang sedang menyusui anak-anaknya.

Wuaaah, anak-anaknya Kuro-chan~ 😳 *berbinar-binar*

Mumpung si ibu lagi anteng dalam posisi wuenak menyusui keempat anaknya, saya langsung jeprat-jepret mengabadikan moment langka ini :mrgreen:. Tapi habis itu langsung sadar, kok anak-anaknya tidak berbulu hitam :?. Karena jika suaminya Kuro-chan adalah Kuro-kun yang sama-sama berbulu hitam, harusnya anaknya pun hitam.

Sebentar.. sebentar.. yuks mari kita coba telusuri dengan penyilangan Mendel. Kan dulu waktu SMP dan SMA sering disuruh bikin tabel penyilangan oleh guru Biologi, mudah-mudahan masih ingat :mrgreen:.

Jadi, menurut sumber yang barusan saya dapatkan, sifat bulu hitam adalah sifat dominan dengan notasi gen (B-D-), gen B dan D sama-sama bersifat dominan. Oleh karena itu, asalkan B dan D terdapat di dalam genotipe seekor kucing maka warna bulunya adalah hitam. Jadi untuk si Kuro-chan maupun Kuro-kun, kemungkinan genotipenya antara lain BBDD, BbDD, BBDd, atau bisa juga BbDd.

Nah pertanyaannya adalah siapakah yang mebuntingi Kuro-chan? :lol:. Jika yang membuntinginya adalah Kuro-kun yang sama-sama kucing berbulu hitam, mungkinkah didapatkan anak-anak yang bulunya tidak hitam seperti yang terlihat pada gambar?

Nah, untuk yang mau iseng-iseng menjawab pertanyaan ini silahkan gunakan prinsip penyilangan Mendel. Sedangkan untuk melihat ciri fisik dari setiap genotipe yang diperoleh, silahkan lihat tabel di bawah ini. Oya, lihat kolom yang sebelah kiri saja, dan tanda ” – ” artinya pada posisi tersebut bisa berisi alel apa saja, baik alel yang ditulis dengan huruf kapital maupun huruf kecil. Contoh: B-dd, bisa berarti Bbdd atau BBdd. Mudah-mudahan jelas :mrgreen:.

Baiklah kalau begitu, sebelumnya saya ucapkan selamat mengerjakan. Dan terima kasih banyak jika ada yang mau mengerjakan. Sesungguhnya anda telah membantu melakukan tes paternitas sederhana untuk mencari bapaknya anak-anak si Kuro-chan :cry:.

πŸ˜†

Advertisements

4 thoughts on “Kuro-chan’s Offspring

  1. hahaha… platinum mink, cinnamon mink.. imut banget namanya πŸ˜†
    saya pikir Mendell cuma dipake buat polong mulus atau polong keriput saja.

    ah saya suka tebakaan! tapi nanti ya mbaak, tidak akan efektif menjawab di waktu-waktu menjelang fajar saat mata saya sudah merindukan bantal seperti koala yang merindukan pohon kayu putih.. :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s