Malam…

Sudah lama saya tidak “menulis”. Dalam tanda kutip, tidak menulis dengan bebas mengemukakan isi kepala. Tidak seperti dahulu yang kejadian remeh sehari-hari bisa jadi bahan tulisan. Entah tulisan faktual, opini, curcol. Apapun.

Setiap hari saya menulis kok. Setahun ini perkerjaan saya bahkan kebanyakan menulis. Terhitung ada tiga manuskrip jurnal ilmiah yang sedang saya garap. Tapi hampir akhir tahun ini belum ada satupun yang final. Semuanya masih di tahap bolak-balik revisi ke supervisor dan authors.

Tapi menulis ilmiah itu berbeda. Kita sudah punya hipotesis dan hasil penelitian, tinggal dijabarkan saja secara runut sesuai kaidah ilmiah. Simple ya? Tapi kok tidak selesai siyhahaha

Awal bulan lalu saya ikut bimbingan teknis menulis karya ilmiah populer, dibimbing oleh Mas Aik dari Kompas. Saat itu lah terbersit, “Apa kabarnya blog, ya?” Tiba-tiba teringat blog ini karena beberapa tulisan di sini bisa dikategorikan tulisan ilmiah, meskipun dibalut oleh bumbu-bumbu curcol dan cocoklogi yang disangkut pautkan dengan filosofi.

Di acara tersebut, saya harus menulis sebuah tulisan ilmiah yang ringan. Saya pun merasa jetlag, susah sekali merubah mindset untuk mencari cara penyampaian yang ringan. Saat dibaca-baca lagi, tulisan saya tersebut uncategorized, bukan tulisan populer, bukan pula tulisan ilmiah.

Lalu apakah ini karena sudah bertahun-tahun saya meninggalkan kebiasaan menulis bebas? Entahlah. Sepertinya siy tidak ada sangkut pautnya. Tapi yang jelas, karena teringat blog ini akhirnya jadi ingin menulis lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s